Empat Bakal Calon Rektor UM Lolos dalam Tes Perdana

Empat Bakal Calon Rektor UM Lolos dalam Tes Perdana
Ilustrasi: Radar Malang

Terasikip.com – Empat Bakal Calon Rektor UM (Universitas Negeri Malang) telah berhasil dalam melewati tes perdana, yakni verifikasi administrasi. Artinya, mereka telah sah menjadi Calon Rektor untuk berlaga pada perebutan kursi UM 1 (Rektor UM) menggantikan Prof AH. Rofi’uddin.

Berikutnya, mereka harus bertarung pada tahapan kedua, yakni tes kesehatan dan psikologi pada 30-31 Agustus mendatang.

Pada tahapan pertama, mereka telah memenuhi syarat sebagai calon rektor UM. Di antaranya berusia maksimal 60 tahun dan wajib berpofesi sebagai dosen. Serta dokumen-dokumen pendukung lain. “Semuanya lolos administrasi dan akan maju ke tahapan selanjutnya,” terang Sekretaris Panitia Pilrek UM Ahmad Munjin Nasih dikutip dari Radar Malang (Jumat, 26/08/2022).

Sebagai informasi, empat kandidat calon rektor itu yakni mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sekaligus mantan WR I UM Prof Dr Hariyono MPd. Kandidat kedua Prof Dr Hardika MPd, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Pengembangan, Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM.

Kemudian ada Prof Ir Arif Nur Afandi ST MT MIAEng MIEEE PhD, yang menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Teknik UM. Serta, dari eksternal kampus Prof Dr KRT H Sujito SH MPd, menjabat sebagai Wakil Dekan I FAB UIN Surakarta.

Sementara untuk tahap kedua, yakni tes kesehatan dan psikologi yang akan dilakukan di salah satu rumah sakit milik pemerintah di Malang. Dan semua calon wajib datang ke Malang. Termasuk calon yang tinggal di luar Malang, salah satunya kandidat dari eksternal kampus UM, Prof Sujito. Dia harus datang ke Malang untuk mengikuti rangkaian tes. Tidak bisa dilakukan di Solo, tempat asalnya. “Kami akan undang beliau ke Malang, karena pelaksanaan tesnya ada di sini,” kata Munjin.

Baca juga:  Nadiem Janji Realisasikan Transparansi Jalur Mandiri di Kampus

Setelah tiga tahapan tes rampung, maka akan diumumkan siapa saja yang akan maju ke tahapan selanjutnya. Tahapan tersebut adalah pemilihan tiga nama Calon Rektor UM oleh Senat Akademik Universitas (SAU) pada 22 September 2022.

Dari ketiga nama itu nanti yang akan bertarung di pemilhan terakhir Rektor UM periode 2022-2027. Mereka akan  oleh dipilih 17 anggota Majelis Wali Amanah (MWA) UM, termasuk Mendikbudristek Nadiem Makariem.(sd)

Info Empat Bakal Calon Rektor UM. Jika Empat Bakal Calon Rektor UM. Maka Empat Bakal Calon Rektor UM. Jadi Empat Bakal Calon Rektor.