BEM UM Kolaborasi Dengan Berbagai Pihak Dalam Aksi Lingkungan di Desa Sekar Putih Junrejo Kota Batu

Kolaborasi BEM UM Dengan Berbagai Pihak Dalam Aksi Lingkungan di Desa Sekar Putih Junrejo Kota Batu 06

Terasikip.com – Kementerian Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) 2023, melakukan program aksi untuk mewadahi berbagai elemen mulai dari mahasiswa hingga masyarakat dalam menyalurkan kepeduliannya pada lingkungan, Sabtu (28/10/2023).

Program yang dilakukan bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini mengusung tema “Gerakan Peduli Lingkungan: Aksi Nyata untuk Bumi”.

Program yang dinamai DARLING (Sadar Lingkungan) 2023 ini dimulai dengan melakukan upacara peringatan hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di lapangan Politeknik Angkatan Darat Dengan melibatkan mahasiswa UM dan mahasiswa Politeknik Angkatan Darat.

Kemudian dilanjutkan dengan aksi lingkungan. Para volunteer, dalam hal ini mahasiswa Universitas Negeri Malang sebanyak 220 peserta, melakukan pembersihan lingkungan di sekitar POLTEKAD Kota Batu. Terbagi menjadi 2 bagian, yaitu turun ke sungai brukan Desa Pendem dan membersihkan sampah di bahu jalan.

Selain itu juga terdapat kegiatan berupa kampanye lingkungan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang di salah satu sekolah yang ada di sekitar tempat aksi yaitu MI Iskandar Sulaiman.

Selain dari pihak mahasiswa banyak pihak terkait yang ikut serta terjun melakukan aksi lingkungan antara lain dari Sabers pungli dan juga Mahasiswa dari Politeknik Angkatan Darat Batu.

Alfiya Lailatul Zannah selaku Ketua Pelaksana DARLING (Sadar Lingkungan) 2023 menyebutkan bahwa program kerja ini bertujuan untuk menyadarkan berbagai elemen mulai dari anak-anak, mahasiswa, hingga masyarakat agar mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Baca juga:  Perusahaan Titan Group Terapkan Kebijakan Local Boy, Buka Lowongan Pekerjaan untuk Warga Lokal

“DARLING (Sadar Lingkungan) 2023 ini tujuan utamanya yaitu memberikan stimulus dan  meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan. Selanjutnya dengan diadakannya aksi lingkungan, diharapkan tujuan dari program kerja ini bisa tercapai. Harapan kedepannya aksi lingkungan ini tidak hanya berhenti disini saja dan bisa berkelanjutan dilain hari,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Fatihul Huda selaku penangung jawab dan Menteri Koordinator Sosial dan Lingkungan BEM UM menjelaskan bahwa permasalahan sampah yang ada tidak bisa hanya dikerjakan oleh satu pihak, melainkan semua pihak turut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Oleh karena itu dalam kegiatan darling ini menggandeng beberapa pihak dari pemerintah kota batu dan elemen masyarakat,” ujar Fatih sapaan akrabnya.

Program ini bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Tim Sabers Pungli, Politeknik Angkatan Darat, Pemerintah Kota Batu, PUPR Kota Batu, DLH Kota Batu, BPBD Kota Batu, Kepala Desa Pendem, Perum  Jasa  Tirta,  BBWS  Brantas,  Pusdik Arhanud,  Dohar.

Acara  dihadiri  oleh  Ibu  Dewanti Rumpoko Walikota Batu tahun 2017- 2023 serta Pimpinan UM: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd. M.M (Direktur Kemahasiswaan Dan Alumni).

Program ini juga turut serta mengajak seluruh Mahasiswa Universitas Negeri Malang untuk turun secara langsung dalam aksi lingkungan.

Penulis : Syifa Fadilah dan Annisauk Khusniyah

DOKUMENTASI :

Gandeng Berbagai Pihak, BEM UM Gelar Aksi DARLING di Batu

Gandeng Berbagai Pihak, BEM UM Gelar Aksi DARLING di Batu

Gandeng Berbagai Pihak, BEM UM Gelar Aksi DARLING di Batu

Gandeng Berbagai Pihak,Gelar Aksi DARLING di Batu