PKKMB UM Telah Berlangsung, Berikut Profil Rektor UM Selengkapnya

PKKMB UM Telah Berlangsung, Berikut Profil Rektor Selengkapnya
Foto: Times Indonesia

Terasikip.com – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) telah berlangsung. Ribuan mahasiswa baru UM telah hadir secara langsung di kampus eks-IKIP ini. Selain mengenal tentang dunia kampus, ada satu hal pula yang perlu diketahui, yaitu: profil Rektor UM.

Selain PKKMB, UM juga tangah melakukan proses Pemilihan Rektor baru untuk periode 2022-2027. Saat ini, posisi Rektor UM dijabat oleh Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd. Berikut ini sekilas tentang Profil Prof Dr AH Rofi’uddin Rektor Universitas Negeri Malang (UM) tersebut.

Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd dilantik menjadi Rektor Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 2.1.357/UN32/KP/201, untuk jabatan Rektor kedua kali.

Beliau lahir di Jombang pada bulan Maret 1962. Setelah menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra IKIP Malang pada tahun 1984, beliau beritikad untuk mengabdi pada almamaternya, IKIP Malang, sebagai dosen di jurusan tersebut.

Program S2 dan S3 diselesaikan di institusi dan jurusan yang sama, berturut-turut tahun 1990 dan 1994. Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd menikah dengan Dra. Faridah Hidayati, yang berprofesi sebagai pendidik, dan dikaruniai 2 orang putra dan 1 orang putri.

Beberapa jabatan strategis yang pernah dijalaninya di UM antara lain Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia (1996-1999), Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (1999-2001), Wakil Direktur Pascasarjana UM (2001-2005), Wakil Rektor II UM selama tiga periode (2002-2009, 2009-2013, dan 2012-2013), Rektor UM periode pertama (2014-2018) dan Rektor UM periode kedua (2018-2022).

Baca juga:  Lagu Perjuangan Mahasiswa yang Wajib Dihafalkan Saat Ospek Kampus

Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd, mendapatkan beberapa penghargaan antara lain Satyalancana Karya Satya 20 tahun dan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Pemerintah Republik Indonesia.

Sebagai dosen, Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd, di sela-sela kesibukannya sebagai Rektor UM tetap tekun dan aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Indonesia yang menjadi keahliannya.

PKKMB UM Telah Berlangsung, Berikut Profil Rektor Selengkapnya
Foto: um.ac.id

Lebih dari 40 karya ilmiah sebagai penulis utama telah dipublikasikan oleh Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd, baik di jurnal nasional dan jurnal internasional serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.,  telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi.

Semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan UM sebagai Universitas Terbaik, terus mendorong Prof Dr AH Rofi’uddin, M Pd, untuk melakukan terobosan secara inovatif, antara lain perkuliahan berbasis teknologi mutakhir yang dikenal dengan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR), Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UM, Sistem Pengelolaan Kepegawaian (SIMPEGA) UM, dan lain-lain.

Perjalanan dinas dalam dan luar negeri kerap dilakukan untuk menghadiri permintaan sebagai narasumber kegiatan workshop, seminar, kuliah tamu. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., juga tidak lupa melakukan studi banding dan bench-marking, serta menjalin kerjasama, baik bilateral maupun multi-lateral, dalam dan luar negeri untuk terus belajar dan mencari inspirasi tiada henti dalam melakukan pengembangan-pengembangan Universitas Negeri Malang selanjutnya.

Baca juga:  Lirik Mars dan Hymne Universitas Negeri Malang (UM)

 

 

 

Syarif Dhanurendra
SEO & Webmaster Terasikip.com