Wujudkan Strategi Marketing Digital, Departemen HKN UM Beri Pelatihan Warga Jln. Jombang Kota Malang

Departemen HKN UM
Kegiatan Pelatihan Digital Srawung, Semaur, Akur di Jalan Jombang Kota Malang.

Terasikip.com – Departemen HKN UM. Departemen Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan Komunitas Terasikip melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan digital bagi warga pemiliki kos Jalan Jombang, Kota Malang.

Kegiatan tersebut diketuai oleh Surya Desismansyah E.P yang juga merupakan Dosen Departemen HKN UM. Kegiatan yang mengusung tema Penguatan Branding Digital Srawung, Semaur, Akur Sebagai Sarana Pemberdayaan Warga Pemilik Kos di Jalan Jombang yang Humanis dan Informatif di Masa Pandemi Covid-19ini dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Oktober 2022 di Balai RW Jalan Jombang.

Pengabdian berupa pelatihan digital ini merupakan keberlanjutan dari program pengabdian yang dilakukan oleh Departemen HKN UM pada tahun 2021 lalu. Saat itu tema yang diusung adalahSrawung, Semaur, Akur Sebagai Sarana Pengenalan Budaya dan Menjalin Persaudaraan bagi Warga dan Mahasiswa Indekos di Jalan Jombang Kota Malang.

Menurut Surya Desismansyah “Srawung, Semaur, Akur, merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Pengabdian ini tidak hanya sebatas memperkenalkan budaya dan menjalin persaudaraan antara mahasiswa indekos dengan lingkungannya agar terciptanya hubungan tenggang-rasa dan keharmonisan. Tapi juga untuk membuat para pemilik kos kreatif dan inovatif dalam pemasaran melalui pelatihan digital.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan pemilik kos Jalan Jombang, Kota Malang. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian disusul dengan sambutan oleh Surya Desismansyah E.P, M.Phil, melihat video branding profil Jalan Jombang Kota Malang, serta dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Mohammad Syarifudin, S.Pd dari Komunitas Terasikip, dan Tanya jawab.

Baca juga:  Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 Resmi Dibuka, Ini Jadwal dan Syaratnya!
Departemen HKN UM
Pelatihan Digital Srawung, Semaur, Akur.

Terlihat banyak peserta pelatihan yang antusias dalam jalannya kegiatan. Banyak peserta yang memanfaatkan gadgetnya untuk searching materi, melihat video branding, akses dan mengelola Website warga Jalan Jombang yakni Kosmalang.com.

“Pada pengabdian ini, selain kami memberikan materi pelatihan digital, kami juga membuat video profil Jalan Jombang dan Website Kosmalang.com yang nantinya akan dikelola secara langsung oleh Warga Jalan Jombang”, ujar Surya Desismansyah.

Ibu Rini selaku Ketua PKK dan pemilik kos menyampaikan bahwa “banyak sekali manfaat yang didapat dari kegiatan ini, terutama dalam hal strategi marketing digital”. Seperti yang diketahui adanya pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat mengalami penurunan yang cukup signifikan, hal tersebut juga terjadi pada warga pemilik kos Jalan Jombang.

Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pemilik kos di RT 7 Jalan Jombang gang 1 tentang manajemen bisnis secara digital untuk meningkatkan perekonomian warga setempat, memberi informasi yang akurat tentang norma, adat-istiadat maupun aturan moral yang berlaku di lingkungan Jalan Jombang gang 1 bagi warga pendatang melalui Branding Digital Srawung Semaur Akur dalam bentuk Website dan Youtube, serta dapat menciptakan rasa nyaman, aman dan ketenteraman bagi seluruh warga yang tinggal di Jalan Jombang.

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com