Prof Hariyono Resmi Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027

Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027
Dari kiri Prof Arif Nur Afandi PhD, Prof Dr Hardika MPd dan Prof Dr Hariyono MPd (batik cokelat). | Suryamalang.com

Terasikip.com – Prof Dr Hariyono MPd resmi terpilih sebagai sebagai Rektor Universitas Negeri Malang (UM) periode 2022-2027, Rabu (19/10/2022). Ia terpilih dalam rapat pleno tertutup Majelis Wali Amanat (MWA) UM.

Dikutip dari suryamalang.com (Rabu, 19/10/2022), Erik Setyo Santoso ST MT selaku Ketua MWA UM menjelaskan bahwa Prof Dr Hariyono MPd terpilih sebagai Rektor UM merupakan hasil musyawarah mufakat.

Ia menjelaskan proses penyelenggaraan tahapan Pemilihan Rektor UM sudah berlangsung lama.

“MWA membentuk panitia pemilihan rektor. Ada 4 pendaftar yg masuk persyaratan ada tiga. Dan tiga calon ini yang selanjutnya ikut finalisasi finalisasi tahap akhir,” jelas Erik.

Anggota MWA ada 17 orang yang masing-masing punya satu suara. Suara Menteri (Mendikbudristek) paling besar 35 persen. MWA lainnya 65 persen.

Proses di MWA berjalan ke puncaknya hari ini, Rabu (19/10/2022).

Mengenai tiga calon Rektor UM adalah Prof Dr Hariyono MPd, Prof Dr Hardika MPd, dan Prof Ir Arif Nur Afandi PhD.

“Alhamdulillah kuorum. Tadi 100 persen berkumpul. Ini kuorum absolut,” kata pria yang hobi olahraga tersebut. Dikatakan, dalam MWA ada dua tahap pemilihan.

Dan yang diutamakan musyawarah mufakat. Jika tidak tercapai baru dilakukan voting.

“Kalau voting, menteri punya suara 35 persen,” tandasnya.

Namun karena sudah mufakat, maka prosesnya tidak lama. Dalam MWA terdiri dari berbagai elemen sepakat musyawarah mufakat.

Baca juga:  Omah Terapi Autis Malang untuk Kalangan Menengah ke Bawah

“Alasan memilih itu karena Indonesia ini dasar negara Pancasila. Dalam sila keempat asas demokrasi musyawarah mufakat yang dikedepankan,” kata dia.

Dan bulan Oktober juga bulan istimewa ada Hari Kesaktian Pancasila. Dimana bisa memberi contoh implementasi nilai dalam bentuk riil.

“Kita tidak alergi voting tapi asas musyawarah mufakat bisa dilakukan,” jawabnya.

Menurut pandangan Ketua MWA, ketiga calon itu adalah kader-kader terbaik UM dan tokoh luar biasa.

“Tapi memimpin Institusi banyak tuntutan ada aspek akademis, kematangan dalam berorganisasi, memahami isu-isu daerah dan nasional, internasional. Dari banyak hal ini. MWA juga melakukan tracking track record calon rektor,” kata Erik.

Dan untuk tuntutan UM  ke depan, dari tiga terbaik itu yang paling sesuai untuk UM 2022 2027 adalah Prof Hariyono.

“Beliau paling tepat menjawab tantangan ke depan serta keberhasilan pembangunan yang dirintis oleh rektor-rektor sebelumnya,” pungkasnya.

Sedang Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie yang mewakili Mendikbudristek mengucapkan selamat pada Universitas Negeri Malang dan MWA selaku organ yg punya kewenangan melakukan proses pemilihan rektor.

“Semua proses pemilihan berjalan dengan baik,” ujar Tjitjik dikutip dari suryamalang.com (Rabu, 19/10/2022).

“Tiga calon yang ada ini putra-putra terbaik UM. Seusai pesan Mas menteri dan Dirjen, kita harap putra terbaik ini tidak hanya putus pada proses selesainya pilrek. Karena ide semuanya sudah bagus untuk komitmen memajukan UM ke depan. Siapapun yg terpilih harusnya tidak resisten terhadap ide-ide pengembangan yg sudah disampaikan calon yg lain,” papar Tjitjik terpisah.

Baca juga:  Demi Telusuri Jejak Desa Pancasila Masa Orde Baru Peneliti Sejarah UM Melakukan Riset di Blitar
Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027
Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027 | um.ac.id

Ia melihat Prof Haryono adalah pemimpin yg tepat untuk meneruskan legasi kepemimpinan rektor sebelumnya.

Sedang Prof Dr AH Rofi’uddin MPd, anggota MWA yang juga Rektor UM periode 2018-2022 mengatakan bahwa ia sangat mengenal profil Prof Hariyono.

“Pada periode pertama saya dulu, beliau adalah Wakil Rektor 1,” kata Rofi’uddin.

Namun kemudian ia mendapat tugas ke Jakarta di BPIP.

“Tentang performanya, saya tidak perlu cerita lagi. Sebagai pemimpin, ia sangat tepat. Kalau mengambil keputusan, cepat dan tepat,” kata Rektor UM Prof Dr AH Rofi’uddin MPd.(sd)

Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027. Ini Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027. Tentang Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM Periode 2022-2027. Info Prof Hariyono Terpilih Sebagai Rektor UM. Jika Prof Hariyono Terpilih. Maka Prof Hariyono Terpilih. Tentang Prof Hariyono Terpilih. Ini Prof Hariyono Terpilih. Info Prof Hariyono Terpilih. Profil Prof Hariyono.