“Tabu Jalan” Film Dokumenter Seksualitas di Jalanan Kota Malang akan Segera Dirilis, Catat Tanggalnya!

Film kekerasan seksual
Cuplikan Film Dokumenter Tabu Jalan

Terasikip.com – Film Kekerasan Seksual yang diproduksi Komunitas literasi Terasikip dan Departemen Hukum Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang akan segera diluncurkan minggu ini. Peluncuran film dokumenter tentang seksualitas di jalanan Kota Malang tersebut rencananya akan digelar dalam dua sesi. Pertama yaitu sesi nonton bareng film, dan kedua berupa diskusi kritis terkait dengan subtansi film.

Film dokumenter yang berjudul “Tabu Jalan” tersebut mempertanyakan apakah jalanan menjadi sarang predator seksual?. Film ini diangkat dari stereotip yang melekat pada pandangan masyarakat bahwa kehidupan orang-orang di jalanan, terutama anak jalanan yang identik dengan kemiskinan dan pendidikan rendah sebagai pelaku kekerasan seksual. Selain itu film ini juga menampilkan bagaimana pendapat masyarakat tentang kondisi jalanan terhadap isu-isu kekerasan seksual yang mencuat akhir-akhir ini di publik.

Film Tabu Jalan merupakan kelanjutan film pertama dari hasil kerjasama Komunitas Terasikip dengan Departemen Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang yang dirilis pada Oktober 2021.

Pada film pertama yaitu “Batas Kota”, Terasikip dan Departemen HKN UM memperlihatkan bagaimana stereotip terhadap anak jalanan dan pedagang asongan yang identik dengan kemiskinan tidak selamanya menjurus pada kejahatan dan penyakit sosial di jalanan. Justru mereka terlibat aktif dalam membantu ketertiban, keselamatan, hingga keamanan orang-orang di jalan. Sedangkan pada film yang kedua ini, fokus utama film adalah isu-isu kekerasan seksual.

Baca juga:  Lagu Perjuangan Mahasiswa yang Wajib Dihafalkan Saat Ospek Kampus
Film Kekerasan Seksual
Acara Peluncuran dan Diskusi Film Dokumenter Tabu Jalan.

Zaki Moharror selaku Ketua Komunitas mengatakan bahwa “pada film dokumenter yang pertama “Batas Kota”, banyak peserta hadir dan antusias dalam jalannya kegiatan”. Zaki menambahkan “semoga film kedua ini akan dihadiri banyak peserta dan mereka bisa menyampaikan gagasan dan keresahannya. Apalagi film ini mengangkat isu-isu kekerasan seksual yang sedang hangat di publik”.

Peluncuran film dokumenter “Tabu Jalan” rencananya akan digelar pada Sabtu, 22 Oktober 2022 di Wak Abu Coffe, Jalan Merjosari Kota Malang. Surya Desismansyah, E.P, M.Phil dan Andhika Yudha Pratama, M.Sc selaku akademisi Universitas Negeri Malang akan menjadi pemateri pada peluncuran dan diskusi film ini.

Kegiatan peluncuran dan diskusi film Tabu Jalan akan diselenggarakan pada pukul 13.50 – 16.30 WIB. Panitia menginformasikan free makanan dan minuman untuk 20 peserta pertama yang ikut peluncuran film.

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com