Nadiem Janji Realisasikan Transparansi Jalur Mandiri di Kampus

Nadiem Janji Realisasikan Transparansi Jalur Mandiri di Kampus
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Handout/beritasatu.com)

Terasikip.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan transparansi dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) sangat penting. Ia menuturkan, saat ini pihaknya tengah melakukan diskusi internal untuk mencapai transparansi tersebut.

Hal ini disampaikan Nadiem dalam merespons usulan dari Komisi X DPR yang mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengevaluasi skema penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri agar transparan dari tahap pendaftaran hingga pembayaran.

“Tansparansi sangat penting, tema transparansi dalam penerimaan mahasiswa baru sangat penting dan kami secara aktif sedang mendiskusikan secara internal bagaimana mencapai transparansi tersebut,” kata Nadiem saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Nadiem Janji Realisasikan Transparansi Jalur Mandiri di Kampus
Mahasiswa UM | Instagram @farahffaa

Sebagaimana diketahui, Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 di Lampung, pada Jumat (19/8/2022).

KPK pun menetapkan Karomani sebagai tersangka kasus dugaan suap seleksi masuk jalur mandiri mahasiswa baru tahun 2022. Karamoni dijerat bersama tiga tersangka lainnya yakni Wakil Rektor I bidang Akademik Unila, Heryandi, Ketua Senat Unila, Muhammad Basri, serta pihak swasta, Andi Desfiandi.

Nadiem menuturkan, kasus suap rektor Unila menjadi pihaknya melakukan investigasi untuk mencari tahu permasalahan yang terjadi hingga mendapat solusi yang sistematis guna meminimalisir kejadian serupa terulang kembali.

Baca juga:  Chairil Anwar dalam Satu Abad dan Monumennya di Kota Malang

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR Putra Nababan mendorong Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim untuk mengubah skema penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri untuk lebih transparan mulai dari pendaftaran hingga pembayaran. Bahkan, ia mengusulkan jalur mandiri sebaiknya diselenggarakan online atau dalam jaringan (daring).

“Saya meminta proses pendaftaran mahasiswa di jalur mandiri harus transparan. Harus dibuat tersistem dan online sejak proses rekrutmen, seleksi sampai proses pembayaran harus transparan. Saya mau ini dibuat terang benderang,” ucapnya.

Live Streaming Rapat Komisi IX DPR RI dengan Mendikbudristek

Syarif Dhanurendra
SEO & Webmaster Terasikip.com