Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung
Dok. masoemuniversity.ac.id

Terasikip.comProdi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung ada dalam Universitas Ma’soem. Prodi tersebut merupakan salah satu prodi yang ada dalam Fakultas Pertanian Universitas Ma’some. Kampus tersebut berada di Jl Raya Cipacing No 22 Jatinangor, Bandung, Jawa Barat.

Bagi yang sedang kerja, mungkin soal menentukan mau kerja atau kuliah memang pilihan yang sulit. Sebab, keduanya adalah langkah yang penting dalam menentukan masa depan tiap insan saat ini. Namun, kalau Anda bisa memilih keduanya, kenapa harus bingung?

Kunjungi juga: masoemuniversity.ac.id

Seperti halnya dengan memilih kelas karyawan yang disediakan oleh Universitas Ma’soem. Dengan memilih kelas karyawan di Universitas Ma’soem, jadwal kelas perkuliahan bisa lebih fleksibel dan Anda juga tak perlu bingung mengenai persoalan untuk fokus kerja atau fokus kuliah lagi.

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung
Tangkapan Layar pmb.app.masoemuniversity.ac.id

Di kampus Universitas Ma’some, ada banyak prodi yang bisa dipilih untuk kelas karyawan. Salah satu rekomendasi penulis adalah Prodi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian. Prodi ini memiliki banyak keunggulan. Setelah lulus, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan bisa berkarir di beberapa bidang, mulai dari: Quality Control/Pengendalian Mutu, Konsultan Pangan dan Gizi, Lingkup Pemerintahan di Departemen Pertanian, Pengembangan Produk, hingga Berwirausaha atau jadi Pengusaha Pangan.

  1. Quality Control/Pengendalian Mutu

Kebanyakan sarjana yang baru lulus dari Prodi Teknologi Pangan berbagai kampus di Indonesia bisa diterima bekerja di bagian Pengendalian Mutu (quality control). Mereka bertugas untuk memastikan proses pengolahan makanan di pabrik supaya berjalan sesuai standar yang telah ditentukan secara nasional.

Misalnya staf quality control di pabrik es krim harus memastikan bahwa es krim yang dihasilkan telah melewati proses yang higienis dan dengan kandungan bahan makanan yang tidak merugikan. Pengawasan juga dilakukan sampai di tahap pengepakan, bahkan pengiriman produk.

Baca juga:  Chairil Anwar dalam Satu Abad dan Monumennya di Kota Malang

Bagian Quality Control membutuhkan cukup banyak lulusan Teknologi Pangan. Untuk satu jenis produk kadang-kadang diperlukan 15 orang pengawas mutu. Jadi kebanyakan lulusan jurusan Ilmu Teknologi Pangan memang mengawali karir mereka di bagian Quality Control.

Supaya dapat berkarir di bidang ini, mahasiswa harus memiliki kompetensi sebagai berikut:

  • Dapat menganalisis parameter mutu dalam bahan (sifat fisik, kimia, biologis
  • Menguasai standar mutu pangan (nasional maupun internasional)
  • Bisa memimpin tim pengendali mutu (bahan, proses, dan produk akhir)
  • Bisa merencanakan, mengendalikan, mengarahkan, dan memimpin proses produksi
  • Bisa menggali potensi pengembangan produk
  1. Alumni Prodi Teknologi Pangan Konsultan Pangan dan Gizi

Lulusan yang berkerja sebagai Konsultan pangan dan gizi bertugas memberikan konsultasi bagi industri makanan tentang produksi, pemasaran, trend produk, serta kualitas produk makanan, permasalahan konsumsi gizi dan keamanan pangan.

  1. Lulusan Prodi Teknologi Pangan di Lingkup Pemerintahan

Lulusan Prodi Teknologi Pangan bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Pertanian, Balitbang, POM (Pengawas Obat dan Makanan), LIPI/BRIN, dll. Mereka adalah lulusan yang memiliki tanggung jawab berikut ini: bisa melayani masyarakat dengan baik, bisa mengoordinir bagian yang dipimpinnya di Instansi tempat ia bekerja, berwawasan luas dan melek Teknologi.

  1. Pengembangan Produksi Pangan Lulusan Prodi Teknologi Pangan

Tidak mudah untuk diterima di bagian pengembangan produk di suatu perusahaan. Ini di karenakan posisi inilah yang memegang resep rahasia produk perusahaan. Karena posisinya yang penting, staf pengembangan produk (product development) mendapat gaji yang lebih tinggi dan sering berhubungan dengan para pemimpin puncak di perusahaan, sehingga mereka berpeluang mendapat kenaikan pangkat lebih cepat dibandingkan para staf di QC. Posisi tertinggi yang bisa diraih staf di bagian ini adalah Chief Technical Officer, atau Direktur Teknik.

Jumlah sarjana yang diterima di bagian ini biasanya lebih sedikit. Misalnya untuk 1 jenis produk hanya diperlukan 2 staf Pengembangan Produk saja. Kalau sebuah perusahaan memproduksi 10 macam produk, maka jumlah staf di bagian ini paling hanya 20 orang.

  1. Berwirausaha/ Pengusaha Pangan Lulusan Prodi Teknologi Pangan

Tidak sedikit lulusan Prodi Teknologi Pangan yang kemudian membuka usaha ekspor impor. Jika kamu mampu merencanakan dan mendirikan suatu perusahaan, menguasai manajemen perusahaan atau mengembangkan usaha yang telah berjalan, kamu berpeluang untuk membuat pabrik sendiri, misalnya pabrik ekspor makanan beku, baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga:  Lagu Perjuangan Mahasiswa yang Wajib Dihafalkan Saat Ospek Kampus

Syarat Mengambil Kelas Karyawan Universitas Ma’soem

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung
Foto: masoemuniversity.ac.id

Bagi Teman-teman yang ingin atau berminat mengambil kelas karyawan untuk lanjut kuliah atau kerja secara bersamaan, syaratnya cukup mudah. Pertama hanya perlu datang ke kampus dan membawa berkas-berkas pendaftaran berikut ini :

  • Fotocopy Akta Lahir 2 Lembar
  • Fotokopi Ijazah 2 Lembar
  • Fotokopi SKHUN 2 Lembar
  • Fotokopi Ijazah 2 Lembar

Biaya Kuliah di Universitas Ma’soem

Biaya kuliah untuk kelas karyawan dan reguler di Universitas Ma’soem tidak berbeda jauh, sehingga Anda tidak perlu bimbang kuliah atau kerja karena alasan biaya. Dikutip dari website resmi Universitas Ma’some tertanggal 12 November 2020, total biaya kuliah untuk 1 tahun di Universitas Ma’soem adalah Rp 8.400.000,00 (catatan: jika tidak ada perubahan sejak 12 November 2020).

Total pembayaran tersebut sudah meliputi semua keperluan. Mulai dari biaya fasilitas hingga uang gedung. Kemudian, untuk keduanya juga hanya perlu dibayarkan sekali saja selama Anda menempuh pendidikan di Universitas Ma’soem.

Metode Pembayaran

Untuk mendukung niat Anda dalm mencari ilmu, Universitas Ma’soem memberikan beberapa opsi keringanan. Diantaranya, Anda bisa membayar biaya ini dengan mencicil setiap bulan, atau setiap semester.

Tak hanya sampai di situ saja, dikutip dari website resmi Universitas Ma’some tertanggal 12 November 2020, pihak kampus juga menawarkan potongan harga kepada Anda yang memenuhi syarat 00 (catatan: jika tidak ada perubahan sejak 12 November 2020). Khusus untuk mereka yang menyelesaikan pendidikan SD – SMA di Al Ma’soem ada diskon sebesar 50%. Sedangkan bagi Anda yang tidak terdaftar di Al Ma’soem sebelumnya berhak atas diskon 20% untuk gelombang pendaftaran pertama.

Tips Kerja sambil Kuliah di Universitas Ma’soem

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung
Dok. masoemuniversity.ac.id

Jika Anda sudah memutuskan untuk kerja sambil kuliah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keduanya bisa berjalan dengan lancar. Beberapa hal tersebut antara lain: mengatur waktu lebih bijaksana, menyampaikan kondisimu ke atasan, cermat memilih jurusan, dan manfaatkan teknologi dengan baik untuk menunjang kuliah dan pekerjaan.

Mengatur Waktu Lebih Bijaksana

Manajemen waktu mesti diatur lebih baik lagi. Antara waktu untuk bekerja dan kuliah sudah terjadwal, pastikan untuk fokus di masing-masing waktu.

Selebihnya, kita harus mampu mengatur waktu kapan untuk belajar, mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, bersosialisasi dengan teman, berkumpul dengan keluarga, beristirahat dan lainnya. Waktu yang kita punya hanya 24 jam per harinya. Setiap jamnya harus bisa dialokasikan dengan efektif. jika diperlukan, kita bisa membuat jadwal harian agar semua aktivitas di hari itu bisa teratur.

Baca juga:  Veteran Operasi Seroja Melawan Trauma, Begini Kisahnya

Menyampaikan Kondisimu ke Atasan

Sebaiknya kita menyampaikan kondisi objektif ke atasan. Sampaikan padanya bahwa selain bekerja kita juga sedang berkuliah.

Kita bisa menyampaikannya ketika interview. Jika sudah lebih dulu bekerja, diskusikan dahulu dengan atasan apakah memungkinkan untuk tetap bekerja sambil mengambil Pendidikan Menyampaikan kondisi seperti ini pada atasan tentunya sangat penting untuk kelancaran pekerjaan maupun kuliah. Dengan begitu, atasan bisa memahami kondisi dan bisa memberi kebijakan tertentu sesuai kondisi tersebut.

Cermat Memilih Jurusan

Jika kita sudah bekerja lebih dulu, akan lebih mudah dalam menentukan jurusan. Kita bisa memiliki gambaran lebih luas dan nyata tentang karir seperti apa yang kita ingin jalani. Kita tinggal mememilih pendidikan yang bisa menunjang itu.

Ketika kita salah dalam memilih jurusan, pekerjaan akan menjadi distraksi besar. Pekerjaan bisa kita jadikan sebagai alasan untuk lari dari kuliah yang sebenarnya kita tidak nyaman dengan jurusannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk cermat memilih jurusan sebelum memutuskan kuliah.

Manfaatkan Teknologi dengan Baik untuk Menunjang Kuliah dan Pekerjaan

Sekarang semua hal sudah dipermudah dengan hadirnya teknologi. Kita hanya perlu mengoptimalkan fungsinya supaya bisa membantu meringankan setiap aktivitas, kerja atau kuliah.

Memanfaatkan teknologi secara maksimal akan membantu banyak hal. Dengan teknologi, kita bisa mengefisiensikan waktu dan bisa lebih efektif ketika mengerjakan tugas pekerjaan atau tugas kuliah.

Demikian informasi tentang kelas karyawan di Bandung, khususnya mengenai kampus Universitas Ma’soem. Semoga bermanfaat.(sd)

Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Ini Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Info Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Jika Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Maka, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Jadi, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Misalnya, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Kemudian, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Andai, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan di Bandung. Supaya, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan. Soal, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan. Sebab, Prodi Teknologi Pangan untuk Kelas Karyawan.