Kafe Pustaka UM, Tempat Nongkrong Asik di Tengah Kampus

Kafe Pustaka UM
Suasana ngopi di Kafe Pustaka (Ngopibareng.id)

Terasikip.com – Kafe Pustaka UM merupakan salah satu tempat ngopi dan nongkrong di Kota Malang yang berada persis di tengah kawasan kampus Universitas Negeri Malang. Tiap harinya banyak pengunjung ngopi di kafe ini, mulai dari dosen, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Kafe ini mengusung jargon unik “Sembari Ngopi Membangun Literasi” dengan harapan agar para pengunjung tidak hanya sekedar ngopi, tapi juga meningkatkan kualitas literasi. Oleh karena banyak disediakan buku di Kafe Pustaka untuk siapa saja yang ingin membaca. Kafe ini juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan akademik seperti santap gagasan, lahap isu, kudap buku, kenduri literasi, carik pustaka, ngemil baca, dan seduh puitika

Kafe Pustaka UM
Buku-buku di Kafe Pustaka (ngopibareng.id)

Keberadaan kafe ini diinisasi oleh Profesor Djoko Saryono, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang yang juga merupakan pegiat literasi dan sastrawan Kota Malang.

Dilansir dari MalangTIMES, menurut Prof Djoko Saryono “Kafe Pustaka merupakan ruang publik yang menjadi bagian integral dari Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM). Di situ diharapkan terbentuk komunitas epistemik, yaitu kumpulan orang dari berbagai latar belakang dan profesi yang punya visi bersama bahwa pikiran dan gagasan punya makna penting dalam kehidupan berkebudayaan”.

Beragam menu yang disediakan di Kafe Pustaka loh, ada minuman, cemilan, hingga makanan. Pilihannya juga beragam, mulai dari kopi tubruk, kopi susu, kopi coklat, green tea latte, coklat, lemon tea, dan lain-lain. Sedangkan untuk jenis menu makanan kamu dapat memesan nasi pecel, kentang goreng, pisang goreng, roti, hingga donat. Untuk harga jangan khawatir ya, karena dibaderol sesuai kantong mahasiswa.

Baca juga:  Mahasiswa Brawijaya Malang Demo Tuntut Kejelasan Mekanisme Penurunan UKT

Suasana di Kafe Pustaka didesain bagi kamu yang suka tempat-tempat santai dan diskusi berlama-lama. Lingkungannya juga dikelilingi oleh pohon rindang nan indah, ditambah taman bunga yang memanjakan mata. Lalu lalang mahasiswa menambah kesan asyik dan menarik tempat ini.

Kafe Pustaka UM
Acara Diskusi di Kafe Pustaka (gambar: fahrul-khakim.blogspot.com)

Kafe ini sangat cocok bagi kamu yang sedang penat dan jenuh mengerjakan tugas-tugas perkuliahan di perpustakaan. Tempatnya juga sangat strategis, tepat di sebelah perpustakaan Universitas Negeri Malang dan dekat dengan Masjid sehingga tak perlu khawatir untuk mencari tempat beribadah.

Pecinta kopi di Kota Malang sudah bisa dipastikan pernah singgah di sini loh, tiap harinya juga selalu ramai pengunjung. Bagi kamu yang berkunjung ke tempat ini, Kafe Pustaka UM buka mulai hari senin hingga sabtu pukul 07.00 hingga 16.00 WIB setelah itu segala pemesanan close order. Akan tetapi pengunjung masih bisa nongkrong hingga malam.

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com