4 Cara Belajar Efektif Bagi Kamu yang Mudah Lupa

4 cara belajar efektif
4 cara belajar efektif (Foto: iStock/Rifka Hayati).

Terasikip.com – 4 cara belajar efektif ini dapat membantumu meningkatkan daya ingat. Banyak orang mengeluhkan kondisi yang cukup mengganggu aktifitas belajar mereka yaitu lemahnya daya ingat atau mudah lupa. Anak-anak yang masih menginjak bangku sekolah terutama yang mengkhawatirkan kondisi ini. Ada anggapan bahwa anak-anak yang mudah lupa sering dianggap bodoh. Padahal “lupa” sering dialami oleh siapa saja, termasuk orang-orang dengan kecerdasan lebih sekalipun.

Lalu apakah kondisi seseorang dengan ingatan yang lemah menunjukkan dia bodoh?. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paul Frankland dan Blake Richards dari University of Toronto, daya ingat tidak ditujukan untuk mengumpulkan informasi  dari waktu ke waktu. Akan tetapi, ingatan akan lebih optimal jika digunakan dalam mengambil keputusan dengan mempertimbangkan untuk mengingat mana yang dinilai penting dan melupakan yang tidak penting.

Jadi, anggapan bahwa orang yang mudah lupa adalah orang yang bodoh, pernyataan ini sepenuhnya tidak benar. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Neuron menunjukkan bahwa orang yang sering lupa akan hal-hal kecil, justru kondisi ingatannya dalam keadaan sehat dan normal.

Walau begitu, mudah lupa bisa menjadi masalah besar jika mengganggu produktifitas belajar. Banyak pelajar merasa tidak percaya diri akibat masalah ini, bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak mau bertanya dan menyampaikan pendapat gara-gara mereka mudah lupa. Oleh karena itu, penting untuk mencari dan memutuskan cara belajar alternatif guna meminimalisir masalah lupa. Berikut 4 cara belajar efektif agar terhindar dari masalah lupa.

Baca juga:  Contoh Kebiasaan Baik Sehari Hari Bagi Generasi Muda
4 cara belajar efektif
4 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan (Foto: Tribunnews.com).
  1. Mengatur Jadwal Belajar

Salah satu persoalan yang dihadapi banyak orang dalam belajar adalah kecenderungan untuk mengabaikan hal-hal yang sederhana dan kecil. Sehingga banyak dari mereka yang rutinitas belajarnya terganggu. Memperhatikan hal-hal kecil sangat penting terutama bagi kamu yang sedang pada fase mencari ilmu.

Cara utama agar belajar dapat efektif adalah dengan mengatur jadwal belajar. Mengatur jadwal belajar bukanlah menyusun jadwal berangkat ke sekolah. Akan tetapi mencari dan menentukan waktu senggang yang bisa dibuat untuk belajar, kemudian menentukan materi apa saja yang dipelajari. Mengatur jadwal belajar ini sebisa mungkin dilakukan ketika waktu kamu benar-benar senggang, walau dalam seminggu kamu hanya bisa belajar dalam 4 hari.

Jika jadwal belajarmu sudah tersusun dengan baik, hal yang paling utama adalah membangun kesepakatan dan komitmen dengan diri sendiri. Misalnya jika kamu tidak belajar sesuai jadwal belajar yang sudah diputuskan maka kamu akan mendapat konsekuensi berupa hukuman sesuai yang kamu tentukan. Dan jangan lupa punya komitmen yang kuat akan menambah energi semangat belajarmu.

 

  1. Menentukan Tujuan

Setiap orang pasti mempunyai tujuan dan cita-cita yang berbeda-beda. Walau begitu tidak sedikit dari mereka yang masih bingung akan tujuan dan cita-citanya. Sehingga perencanaan masa depannya kurang begitu jelas.

Memiliki dan menentukan tujuan merupakan hal yang penting, karena dengan menentukan tujuan, orang akan lebih mudah menata rencana untuk mencapai tujuannya. Jika pun perencanaannya meleset, ia punya rencana lain dalam mencapai tujuannya. Misalnya, jika kamu memiliki tujuan dan bercita-cita menjadi seorang programmer handal, maka kamu akan menata perencanaan untuk untuk menjadi programmer, seperti mengambil Jurusan IT, membaca dan belajar tentang IT, serta belajar secara praktis. Contoh lainnya, kamu memiliki tujuan untuk menjadi juara 1 lomba pidato bahasa inggris, maka kamu harus memiliki rencana seperti semangat belajar bahasa inggris, ikut kursus, mencari mentor, hingga melatih public speaking.

  1. Rajin Mencatat
Baca juga:  Mengungkap Fakta-Fakta Menarik tentang PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru)

Mencatat adalah salah satu rutinitas yang sangat membantu kamu agar tidak mudah lupa loh. Apalagi dengan beralihnya model pembelajaran dengan menggunakan teknologi modern yang jarang melibatkan siswa-siswanya untuk mencatat.

Dengan mencatat, secara tidak langsung kamu sudah belajar dua kali. Pertama, kamu akan mengingat materi pembelajaran di papan tulis atau di layar proyektor kemudian kamu tuangkan ke dalam tulisan. Kedua, jika sewaktu-waktu kamu lupa akan materi pembelajaran, maka dengan catatan tersebut, kamu akan mudah ingat materi belajar dan penyampaian guru kamu.

  1. Membuat Ringkasan

Membuat ringkasan tidak kalah pentingnya dengan mencatat materi-materi pembelajaran jika kamu ingin belajar secara serius. Memang pekerjaan ini akan sedikit menyita waktu, akan tetapi manfaatnya juga tak kalah penting. Kamu bahkan bisa menjadi ahli dengan membuat ringkasan materi pembelajaran, dan juga buku-buku yang sudah kamu baca.

Meringkas bukan berarti kamu melakukan copy-paste terhadap materi-materi yang sudah diberikan. Meringkas yang baik adalah dengan menggunakan bahasa sendiri, tapi dengan substansi yang tidak jauh berbeda. Dengan cara tersebut, kamu tidak hanya paham terhadap materi pembelajaran dan bacaan, tapi kamu juga sudah dapat memahami cara belajar dirimu sendiri.

4 cara belajar di atas akan sangat membantu menguatkan daya ingatmu loh, dan tentunya dapat mengurangi serta mengatasi persoalan mudah lupa. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Mahasiswa Brawijaya Malang Demo Tuntut Kejelasan Mekanisme Penurunan UKT
Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com