Profil Rizal Wimba, Sutradara dan Sinematografer Film Mbutik

Profil Rizal Wimba, Sutradara dan Sinematografer Film Mbutik
Profil Rizal Wimba, Sutradara dan Sinematografer Film Mbutik

Terasikip.comProfil Rizal Wimba. Tahun 2022, Rizal Wimba memproduksi film indie yang berjudul “Mbutik”. Film ini menjadi salah satu project idealis yang diproduksi dengan uang pribadi. Film itu diproduksi di tanah kelahiranya, di Brebes, Jawa Tengah.

Dalam proses produksi film Mbutik, Rizal Wimba tidak hanya menjadi seorang sinematografer, ia pun berperan sebagai seorang sutradara, penulis, dan eksekutif produser.

Film Mbutik telah keliling di beberapa film festival international. Film tersebut juga telah menyabet 3 gelar, yaitu: Winner Di 4th Dimension sebagai Best Drama dan pada SIFF Swedish International Film Festival di kategori Film Feature. Kemudian Lensfame International Film Festival sebagai Best Writer Feature Film.

Film mbutik ini masih mengikuti dibeberapa film festival lainya sampai bulan Juni mendatang. Film Mbutik ini juga akan segera rillis di bioskop lokal.

Profil Rizal Wimba

Rizal Wimba seorang sinematografer dan filmmaker yang memulai karirnya di dunia film pada tahun 2005. Dia lahir pada tanggal 31 Agustus 1983 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dia memiliki nama lahir Fahrizal Subkhi.

Awal mula bergabung di dunia film, Rizal Wimba berperan sebagai penata artistik, karena basic seni rupa. Kemudian berkembang menjadi seorang sinematografer, dimulai tahun 2009 sebagai assistance/operator camera di beberapa program televisi, iklan dan layar lebar,

Pertama menjadi assistance di film layar lebar “Silent Hero’s”  yang rilis 2015. Film itu mendapatkan penghargaan di FFI sebagai pemeran pendukung perempuan terbaik yang dibintangi Nirina Zubir.

Baca juga:  Mengenal Cerita Panji, Kisah Romantis Asli Indonesia yang Tersebar Hingga ke Asia

Perjalanan menjadi sinematografer dari tahun ke tahun. Berkembangnya teknologi digital yang pada akhirnya memberi banyak keilmuan dan kesempatan menjadi seorang sinematografer, dari iklan, documenter, kemudian web series “Temaram” pada tahun 2019.

Ia juga terlibat dalam web series “Skripsick” di vision+ dan ikut memproduksi film “Tentang ibu” dioiginal film diVidio.com ditahun 2021.

Film Tentang Ibu juga menjuarai berbagai festival film international, seperti World Film Carnival Singapore, The 3rd Hongkong International Youth Film Festival, RIFF Rameshwaram International Film Festival, Pure Magic International Film Festival dan masih banyak lagi,

Pada tahun 2021 pula, Rizal Wimba menjadi sinematografer film “Menunggu bunda” yang disutradarai oleh Richard oh (sutradara yang banyak menyutradarai film-film besar dil ayar lebar). Menunggu bunda ikut meramaikan juga di jogja-NETPAC Asia fil festival ke-16, dan tayang di salah satu platform, yaitu Klikfilm.

Rizal Wimba juga mengikuti kompetisi short movie film festival di beberapa negara, seperti My Rode Reel yang disutradarai oleh Anwar Sany. kemudian ada “Keadilan” yang tembuh jadi award winner di “Cannes World Film Festival” tahun 2022.

Di tahun yang sama, Rizal Wimba ikut memproduksi web series “Bisik Hati Lara”.  Series ini diproduksi oleh PH Right Entertainment, Rizal Wimba bukan hanya menjadi seorang sinematografer, namun menjadi produser juga. Series ini tayang di klikfilm, salah satu platform ternama di Indonesia.

Baca juga:  Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan dengan Mendaki Gunung

Profil Rizal Wimba. Ini Profil Rizal Wimba. Info Profil Rizal Wimba. Jika Profil Rizal Wimba. Profil Rizal Wimba.

Syarif Dhanurendra
SEO & Webmaster Terasikip.com