Cara Membuat Artikel Ilmiah Sederhana Bagi Pemula

Cara Membuat Artikel Ilmiah Sederhana Bagi Pemula
Cara Membuat Artikel Ilmiah Sederhana Bagi Pemula | Foto: freepik.com

Terasikip.com – Cara membuat artikel ilmiah. Artikel Ilmiah merupakan tulisan hasil riset serta pengamatan lapangan yang ditulis memakai struktur dan format artikel dengan kaidah bahasa kepenulisan yang baku.

Artikel ilmiah dapat berbentuk artikel asli, mini review, review, serta shortcommunication/ notes/ comments. Secara universal suatu artikel ilmiah mempunyai struktur yang terdiri dari judul artikel, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar rujukan.

Tujuan penulisan artikel ilmiah yaitu untuk menyampaikan gagasan yang dimiliki, menghasilkan pengetahuan baru, memenuhi tugas dalam menuntaskan Pendidikan, mengikuti berbagai lomba penelitian, memperoleh dana penelitian, untuk berbagi ilmu pengetahuan/ hasil riset yang diperoleh.

Struktur Penyusunan Artikel Ilmiah

Struktur penyusunan artikel ilmiah akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Judul artikel tidak wajib sama dengan judul tema penelitian. Di bawah judul dicantumkan nama penulis tanpa gelar serta lembaga tempat berada.
  2. Abstrak memaparkan inti permasalahan / tujuan, metode penelitian, hasil serta. Dapat berbahasa Inggris ataupun Indonesia atau keduanya. Di akhir abstrak ditulis kata kunci( keyword).
  3. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan (kenapa permasalahan itu diteliti, rumusan permasalahan, tinjauan pustaka serta penjelasan terkait dengan isi tulisan.
  4. Metode penelitian menguraikan cara pelaksanan penelitian berdasarkan metode yang dipakai.
  5. Hasil penelitian pembahasan berisi penjelasan hasil yang diperoleh setelah itu diberi penjelasan ilmiah yang bersumber pada referensi tertentu sehingga permasalahan yang dikemukakan bisa dipecahkan.
  6. Kesimpulan memuat pernyataan pendek tentang hasil penelitian yang diperoleh.
  7. Daftar rujukan memuat berbagai sumber rujukan yang dipakai dalam penyusunan artikel.
Baca juga:  Cara Bertahan Toko Kelontong Madura di Tengah Krisis dan Pandemi

Cara Membuat Artikel Ilmiah Sederhana

Untuk kamu yang masih awam dan kesulitan untuk menulis artikel ilmiah. Berikut cara membuat artikel ilmiah sederhana bagi pemula.

1. Menentukan Tema

Hal yang paling utama dalam menulis artikel ilmiah adalah memilih serta menentukan tema tulisan.

Cara utama supaya penulisan karya ilmiah lebih efisien serta efektif, yaitu dengan menentukan tema lebih awal. Sehingga, kamu dapat mempersiapkan tema jauh- jauh hari untuk diaplikasikan pada aktivitas riset.

Proses menentukan topik diakui banyak periset serta golongan akademisi cukup menyita waktu. Perihal inilah yang membuat proses pemilihan tema hendaknya ditentukan lebih dini. Sehingga mempunyai waktu lebih luas buat menciptakan topik yang sempurna sekalian cocok bidang ilmu yang dipahami.

Pastikan kamu sudah menentukan suatu tema yang cocok dengan kemauan Kamu serta upayakan buat memilih tema yang dengan gampang bisa dimengerti oleh masyarakat luas.

Cara ini sangat efektif digunakan supaya artikel yang kamu tulis menarik dan mempunyai landasan yang kokoh.

2. Membuat Kerangka Tulisan

Penulisan artikel ilmiah akan lebih mudah dan cepat saat kerangkanya disusun terlebih dahulu.

Dalam langkah ini kamu harus menyusun garis besar serta poin penting yang mau kamu uraikan buat bisa dijadikan data pada pembaca. Ada pula hal yang wajib dicermati dalam langkah ini yakni menentukan permasalahan, teori, informasi serta analisis data dan hasil penelitian akhir

Baca juga:  Demi Telusuri Jejak Desa Pancasila Masa Orde Baru Peneliti Sejarah UM Melakukan Riset di Blitar

Cara ini memudahkan kamu untuk menuliskan landasan teori serta hasil riset yang dicoba secara terstruktur. Sehingga bebas dari ulasan yang kurang efisien ataupun keluar dari tema utama.

3. Menentukan Metode Penelitian

Ada berbagai metode penelitian dalam penelitian ilmiah. Mulai dari penelitian kualitatif, kuantitatif, etnografi, dll. Pilihlah metode penelitian yang sesuai dengan tema yang akan kamu ambil agar menghasilkan artikel ilmiah yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Mengumpulkan Bahan dan Data

Proses selanjutnya dalam membuat artikel ilmiah adalah proses mengumpulkan bahan dan data. Bahan dan data akan memperkuat hasil penelitian dari berbagai kritik. Semakin akurasi data yang diperoleh kuat maka penelitian akan semakin susah untuk dikritisi.

Kumpulkan data sesuai dengan yang kamu perlukan bersumber pada metode penelitian yang kamu pakai. Misalnya, jika kamu memakai metode kuantitatif, siapkan beberapa soal yang harus diisi dengan sampel.

5. Melakukan Penelitian

Artikel ilmiah merupakan bagian kegiatan penelitian. Menulis artikel ilmiah perlu dilakukan dengan baik agar cepat selesai dan berjalan sesuai dengan rencana serta persiapan yang sudah dilakukan.

Melakukan penelitian tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru, kamu perlu menganalisis data terlebih dahulu, apakah data tersebut sesuai dengan keadaan lapangan atau sebaliknya, apakah penelitian yang dilakukan sesuai dengan realita, dan lain-lain.

Jika kamu sudah selesai melakukan dan memperoleh hasilnya, maka segera bahas dan ulas dalam artikel ilmiah yang kamu susun.

Baca juga:  Fakta Aphelion dan Penyebab Cuaca Dingin Akhir-akhir Ini

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com