Tips dan Trik Jitu Menjadi Mahasiswa Baru

Tips buat mahasiswa baru
Tips dan trik buat mahasiswa baru (kliktrend.com)

TerasikipTips buat Mahasiswa Baru. Menjelang ajaran baru perkuliahan merupakan salah satu moment yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru setelah melalui serangkaian kegiatan panjang. Mulai dari ujian masuk, regristasi, melengkapi data, pengambilan properti kuliah, dan pengenalan kehidupan kampus (Ospek).

Serangkaian kegiatan tersebut hanyalah awal dari proses panjang dunia akademik. Normalnya, mahasiswa baru akan melewati 8 semester atau 4 tahun perkuliahan. Dengan rincian semester 1 – 6, mahasiswa harus mengikuti perkuliahan di dalam kelas. Sedangkan semester 7 – 8, mahasiswa harus melalui perkuliahan di luar kelas seperti Praktik Industri, KKN, PPL, serta diwajibkan menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi.

Namun jangan khawatir, di dunia kuliah banyak sekali kegiatan dan relasi yang akan menambah wawasan pengetahuan, memperkuat mental, memperluas jaringan, dan membuatmu lebih mandiri, aktif, serta inovatif dalam menyelesaikan masalah. Untuk itu, kamu perlu tips dan trik jitu agar dunia perkuliahanmu menjadi lebih mudah dan lancar. Apa saja sih tips dan trik menghadapi perkuliahan yang bisa kamu lakukan? Simak baik-baik ulasan tips buat mahasiswa baru berikut ini ya.

  1. Memanfaatkan Masa Orientasi dengan Baik

Masa Orientasi Mahasiswa bukanlah kegiatan yang harus ditakuti dan dihindari. Seiring dengan kegiatannya yang semakin humanis dan akademis, ada banyak manfaat mengikuti kegiatan orientasi. kamu bisa memanfaatkan masa orientasi untuk beradaptasi dan menjalin relasi baru di dunia kuliah. Mulailah dari berkenalan sebanyak mungkin kepada teman sekelilingmu, kelompok, dan jangan sungkan-sungkan berkenalan kepada kakak tingkat. Hal ini akan berguna untuk masa kuliahmu

Baca juga:  Cara Membuat Artikel Ilmiah Sederhana Bagi Pemula

Banyak informasi seputar dunia kuliah yang akan disampaikan saat Masa Orientasi. Seperti pengenalan jurusan dan fakultas, administrasi kampus, kegiatan-kegiatan, riset, program karya tulis, organisasi, dan masih banyak lagi. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dan susun dengan baik rencana kuliah sampai lulus.

  1. Sering Bertanya dan Menyampaikan Pendapat

Persoalan malu bertanya dan menyampaikan pendapat merupakan problem yang cukup mengkhawatirkan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Apalagi bagi mahasiswa baru yang mengalami masa transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi dengan budaya pendidikan yang sangat jauh berbeda.

Menyiasati hal tersebut, kamu bisa mulai belajar bertanya dan menyampaikan pendapat di dalam kelas terlebih dahulu. Beranikan diri bertanya walau pertanyaannya akan mudah dijawab. Jika proses itu sudah kamu lalui dengan baik, mulailah bertanya di dalam forum-forum diskusi dan seminar terbuka. Amati cara orang-orang bertanya dan berargumentasi, pelajari, dan coba beranikan diri bertanya dan menyampaikan pendapat di depan umum.

Proses tersebut secara tidak langsung akan merubah dan memperkuat mentalmu. Oh iya, dan jangan lupa imbangi kegiatan tersebut dengan rajin baca buku ya.

  1. Mengenali Ruang Perkuliahan

Salah satu perbedaan dunia kuliah dan sekolah menengah adalah di dunia perkuliahan, kamu berhak memilih dan menentukan matakuliah serta dosen yang akan mendampingimu belajar di dalam kelas. Pilihlah matakuliah (pilihan) yang kamu sukai dan dapat membantumu memperkuat wawasan pengetahuan. Memilih dosen pengajar juga cukup penting karena setiap dosen punya pengajaran dan cara menilai yang berbeda-beda. Untuk itu kenali ruang perkuliahan dengan banyak bertanya kepada teman atau kakak tingkat ruang perkuliahan agar studimu berjalan dengan lancer dengan hasil yang memuaskan.

  1. Mengikuti Organisasi
Baca juga:  Rujukan Kuliah Keguruan, Ini 2 Kampus Negeri Terbaik di Jatim

Di dunia kuliah, kamu akan dihadapkan dengan ajakan ikut berorganisasi. Ada banyak sekali organisasi di kampus. Mulai dari organisasi politik, sosial, kewirausahaan, bakat-minat, komunitas diskusi, organisasi keagamaan, dll.

Organisasi di kampus dibagi menjadi Organisasi Intra Kampus (Omik) dan Organisasi Ekstra Kampus (Omek). Organisasi Intra Kampus merupakan  organisasi yang berdiri secara formal di dalam sebuah kampus, memiliki kedudukan resmi dan melekat dengan kampus itu sendiri. Organisasi Intra Kampus meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan masih banyak lagi lainnya. Sementara Organisasi Ekstra Kampus yaitu organisasi yang tidak berada dibawah naungan lembaga kampus, melainkan berada di luar kampus. Organisasi ini banyak beraktifitas di luar kampus, memiliki jaringan dan kepengurusan yang berjenjang atau bertingkat hingga pengurus nasional. Organisasi Ekstra Kampus Meliputi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dll.

Kamu bisa mengikuti salah satu dari organisasi di atas. Pilihlah organisasi yang menurutmu sesuai untuk dirimu. Cari informasi di media sosial dan tanya kepada teman atau kakak tingkat tentang organisasi tersebut. Ada banyak manfaat jika kamu ikut dan aktif berkegiatan

  1. Mengikuti Acara Seminar dan Diskusi

Di dunia kuliah, kamu akan sering melihat forum-forum akademik seperti Seminar, Kolokium, Bedah Buka, Diskusi Terbuka, dan sebagainya. Banyak ilmu dan pengetahuan yang akan disampaikan baik dari jurusan kamu atau jurusan lainnya. Forum-forum tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis. Kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut untuk menambah wawasan pengetahuanmu.

  1. Mengatur dan Merencanakan Keuangan
Baca juga:  Resmi Dilantik, Berikut Daftar Wakil Rektor dan Dekan Baru Universitas Negeri Malang

Tidak setiap mahasiswa merupakan kalangan menengah ke atas, banyak dari mereka dari kalangan menengah ke bawah. Jika kamu kurang berkecukupan dalam hal financial, atur dan rencanakan keuanganmu dengan baik. Ada banyak pekerjaan part time yang bisa kamu ambil ketika jadi mahasiswa di kota-kota besar. Kamu juga bisa memulai jualan kecil-kecilan atau jualan online shop. Sirkulasi ekonomi di kota-kota besar lebih pada ketimbang di kota atau daerah lainnya. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut.  Semoga bermanfaat.

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com