Menjelang PKKMB UM 2022, Jas Almamater Mahasiswa Baru Belum Dibagikan

Jas almamater maba um
Kegiatan PKKMB UM (Timeindonesia.co.id)

Terasikip – Jas Almamater Maba UM. Memasuki dunia kampus merupakan salah satu hal yang diimpikan sebagian orang, terutama bagi anak-anak yang baru lulus SMA. Perguruan tinggi seakan mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian orang karena kontribusi besar yang dihasilkan untuk bangsa dan negara.

Sebelum mengikuti pembelajaran di kelas, mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi akan dihadapkan dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau Ospek. PKKMB merupakan kegiatan pengenalan dan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

PKKMB Universitas Negeri Malang selalu menyajikan kegiatan yang humanis, demokratis dan menhibur, serta menolak segala bentuk perploncoan. Hal ini sesuai dengan Asas PKKMB UM yaitu keterbukaan, demokratis, dan humanis.

Keterbukaan berarti semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi/substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelenggaraan kegiatan. Demokratis yaitu semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut. Serta humanis yakni kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan.

Jas Almamater Maba UM
PKKMB Universitas Negeri Malang (Berkarya.um.ac.id)

Bagi mahasiswa baru memiliki dan memakai jas almamater kampus merupakan hal yang membanggakan. Memakai jas almamater akan membuat mahasiswa baru mencintai identitas kampusnya. Terlebih jika memakai jas almamater ketika pekan PKKMB. Maka tak jarang jika pekan PKKMB, mahasiswa baru banyak mengabadikan moment-moment tersebut di media sosial.

Baca juga:  Cara Menulis Pengalaman di Cover Letter dan Fungsinya

Akan tetapi, gambaran menyenangkan tersebut tidak akan terjadi bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Malang. Menjelang PKKMB UM yang akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2022, jas almamater maba UM belum dibagikan. Belum dibagikannya jas almamater tersebut diperkuat dalam pengumuman resmi tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang Tahun 2022, Nomor 28.7.28/UN32.III/KM/2022. Dalam pengumuman PKKMB UM 2022 dengan Nomor 28.7.28/UN32.III/KM/2022 tersebut tidak ada aturan pakaian perihal pemakaian jas almamater pada pekan PKKMB.

Hingga H-7 pelaksanaan, belum ada keterangan resmi dari kampus terkait dengan belum dibagikannya jas almamater bagi mahasiswa baru. Kejadian yang sama pernah terjadi di UM pada tahun 2020 di mana jas almamater untuk mahasiswa baru terlambat didistribusikan. Sementara pada tahun 2018, terjadi polemik pergantian warna jas almamater. Terasikip Terasikip

Baca juga artikel Terasikip di Google News