Bus Macito, Bus Antik yang Siap Menemanimu Keliling Kota Malang Gratis

Bus Antik Macito
Bus Malang City Tour / Macito (Malangkota.go.id)

Terasikip.com – Bus Antik Macito. Bus Malang City Tour atau yang dikenal dengan Bus Macito menghiasi jalanan Kota Malang akhir-akhir ini. Sontak, kehadirannya disambut antusias oleh masyarakat dan wisatawan yang ingin berkeliling dan menikmati suasana cantik di Kota Malang.

Bus Macito merupakan bus dengan desain antik yang disediakan pemerintah untuk wisatawan dan masyarakat Kota Malang. Pada awalnya Bus Macito memiliki desain yang tertutup dan bertingkat. Setelah mengalami perbaikan, kini Bus Macito tampil dengan desain lebih terbuka dengan warna yang didominasi biru. Bodi bus juga juga terlihat lebih kecil, ramping, dan artistik dari pada sebelumnya, mirip dengan bus klasik pada masa Kolonial Belanda.

Desainer Bus Macito, Hasan Muda Nasution mengatakan bahwa sebelum menentukan desain bus yang baru, dirinya banyak melakukan riset. Menurutnya, Bus Macito yang lama lebih banyak menggunakan lanskap bangunan Belanda dengan desain gotik. Oleh karena itu, pada Bus Macito yang baru, Hasan mencoba menambah unsur lain.

Jika diperhatikan dengan seksama, model desain Bus Macito sangat cocok dengan suasana Kota Malang. Terlebih Kota Malang mempunyai sejarah panjang, baik dari masa Hindu-Budha hingga Kolonial. Pada masa Kolonial, Malang merupakan wilayah yang diperuntukkan sebagai kawasan hunian dan hiburan dengan pusat ekonomi di Surabaya.  Wilayah Malang Raya juga menjadi penyokong di sektor pertanian dan pariwisata sebagai pelepas penat setelah bekerja.

Baca juga:  Modul Kurikulum Merdeka Jadi Guru Penggerak

Di Kota Malang banyak bangunan bercirikan indies (Hindia-Belanda) yang masih menghiasai wajah jalanan Kota Malang hingga saat ini. Hal tersebut bisa kita lihat di sepanjang kawasan Kayutangan, Jalan Idjen, Kota Lama, Kawasan Alun-alun Tugu, dan sebagainya. Dengan menggunakan Bus Macito, nuansa klasik Kota Malang akan lebih terasa.

Bus Macito dapat dinaiki secara gratis. Penumpang akan berkeliling Kota Malang dengan melalui jalan-jalan yang mempunyai nilai sejarah. Bus Macito sudah resmi beroperasi sejak 1 Juni 2022. Dalam sehari, bus berkapasitas 22 orang ini dapat berkeliling hingga sembilan kali.

Bus Antik Macito
Bus Macito Saat Melewati Alun-alun Tugu (Foto: Antara/Ari Bowo S)

Jadwal Bus Berkeliling

Hari Senin – Kamis

Pagi                 :  pukul 09.00-11.30 WIB
Siang               : pukul 13.00-15.00 WIB

Hari Sabtu dan Minggu

Siang               : pukul 13.00-15.00 WIB
Sore                 : pukul 15.30-17.30 WIB
Malam             : pukul 18.30-20.00 WIB

Bagi yang ingin menggunakan fasilitas bus ini, wisatawan dan masyarakat dapat menunggu di Jalan Majapahit, depan eks kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.

Rute Perjalanan Bus Macito

Berangkat dari Jalan Majapahit – Jalan Kahuripan – Jalan Basuki Rahmat – Jalan Merdeka melintasi Alun-Alun Malang-Jalan Kauman – Jalan Kawi-Jalan Ijen – Jalan Simpang Balapan – Jalan Guntur – Jalan Brigjen Slamet Riadi – Jalan Basuki Rahmat dan berakhir di Jalan Majapahit.

Baca juga:  Rekomendasi Tempat Makan Murah Kawasan Kampus Malang

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com