Rujukan Kuliah Keguruan, Ini 2 Kampus Negeri Terbaik di Jatim

Rujukan Kuliah Keguruan
Ilustrasi: freepik.com

Terasikip.com – Rujukan Kuliah Keguruan, Ini 2 Kampus Negeri Terbaik di Jatim. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi pusat pendidikan. Terdapat banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta di provinsi ini.

Menurut laporan Statistik Indonesia pada tahun 2021, Jawa Timur menempati urutan tertinggi kedua di Indonesia dengan jumlah perguruan tinggi sebanyak 338, dengan rincian 17 perguruan tinggi negeri dan 321 perguruan tinggi swasta.

Dari total 338 perguruan tinggi di Jawa Timur, setidaknya terdapat 2 perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yang menjadi rujukan kuliah keguruan. Berikut 2 perguruan tinggi negeri yang menjadi pusat keguruan di Jawa Timur.

Universitas Negeri Malang (UM)

Rujukan Kuliah Keguruan
Universitas Negeri Malang (UM) | Foto: um.ac.id

Rujukan Kuliah Keguruan, Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Jawa Timur. Perguruan tinggi yang berpusat di Kota Malang dinobatkan sebagai salah satu perguruan tinggi keguruan terbaik di Indonesia. Dengan mengusung jargon The Learning University, banyak lulusan dari Universitas Negeri Malang menjadi guru di berbagai sekolah di Indonesia.

Universitas Negeri Malang memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada mulanya UM merupakan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang diresmikan oleh Prof. Mr. Muhammad Yamin selaku Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, pada 18 Oktober 1954. Pada tahun 1958, secara formal PTPG berubah status menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga, hingga tahun1963 menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang.

Baca juga:  Modul Kurikulum Merdeka Jadi Guru Penggerak

Pada tahun 1999, IKIP Malang secara resmi berubah menjadi Universitas Negeri Malang. Hingga saat ini (Tahun 2022), UM memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), dan Sekolah Pascasarjana, serta berencana mendirikan fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran.

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Rujukan Kuliah Keguruan
Universitas Negeri Surabaya (UNESA) | Foto: google maps

Surabaya merupakan kota pusat pendidikan di Jawa Timur bersama dengan Malang. Salah satu perguruan tinggi di Surabaya adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi keguruan terbaik di Indonesia. Kebanyakan lulusannya berprofesi sebagai guru di sekolah baik negeri maupun swasta.

Universitas Negeri Surabaya merupakan perguruan tinggi eks IKIP Surabaya. Dilansir dari Web Unesa.ac.id, UNESA berawal dari kursus B-I dan B-II bidang Ilmu Kimia dan Ilmu Pasti yang memanfaatkan sarana dan prasarana berupa ruang kelas dan laboratorium dari pendidikan Belanda, Hoogere Burger Schol (HBS).

IKIP Surabaya berdiri pada tahun 1964 berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan nomor 182/1964.  Pada tahun 1999, IKIP Surabaya secara resmi menjadi Universitas Negeri Surabaya sampai sekarang. Saat ini UNESA memiliki Program Vokasi, Pascasarjana, dan 7 fakultas yang meliputi Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Ilmu Olahragaan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Bahasa dan Seni, serta Fakultas Teknik.

Baca juga:  Nadiem Janji Realisasikan Transparansi Jalur Mandiri di Kampus

Ahmad Fahmil Aziz
Pelaksana Harian Terasikip.com