Ratu Elizabeth II Bersama Timnas Inggris Rayakan Gelar Piala Dunia 1966

Ratu Elizabeth II
Timnas Inggris saat merayakan gelar piala dunia 1966 yang lalu (Google.com)

Terasikip.com — Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris kemarin banyak menyisakan kenangan. Sebagai pemimpin tertinggi, wanita kelahiran London, 21 April 1926 itu banyak meliput elemen, serta tentu pada aspek sepak bola.

Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin monarki terlama di Inggris mencapai kurun waktu selama 70 tahun berkuasa, ia meninggal di usianya yang mencapai 96 tahun membuatnya ia punya kenangan manis bersama dengan sejarah sepak bola Inggris.

Dimana pada tahun 1966 timnas Inggris berhasil merengkuh gelar trofi Piala Dunia dan menjadi satu-satunya gelar dunia bagi Inggris hingga saat ini, kala itu Inggris menjadi tuan rumah pada gelaran Piala Dunia 1966. Dimana pada partai puncak Inggris berhasil mengalahkan Jerman Barat pada pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

Setelah Inggris berhasil memenangkan laga, kemudian  Elizabeth II menyerahkan trofi Piala Dunia 1966 secara langsung kepada kapten timnas Inggris waktu itu, Bobby Moore. Dimana Ratu Elizabeth II waktu itu telah memasuki tahun ke-13 dalam memimpin kerajaan Inggris sejak ia naik takhta pada 6 Februari 1952, tidak hanya itu banyak yang mengklaim sejak saat itu hubungan Elizabeth II dan FA selaku Federasai Sepak Bola Inggris menjadi kian mesra.

Keterlibatan Elizabeth II bersama timnas Inggris tidak hanya sampai disitu, pada gelaran menjelang final Piala Europa pada 2020 lalu, Elizabeth II memberikan pesan yang menyentuh kepada publik Inggris meskipun hasilnya Inggris harus takluk pada timnas Italia lewat adu penalti.

Baca juga:  Lagu Perjuangan Mahasiswa yang Wajib Dihafalkan Saat Ospek Kampus

Pesan Sang Ratu kala itu “Lima puluh lima tahun yang lalu saya beruntung mempersembahkan Piala Dunia kepada Bobby Moore dan melihat apa artinya bagi para pemain, manajemen, dan staf pendukung untuk mencapai dan menang. Final turnamen sepak bola internasional besar,” kata Ratu Elizabeth II sebelum pertandingan Inggris vs Italia.

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II saat menyerahkan trofi Piala Dunia 1966 kepada kapten Timnas Inggris kala itu (Google.com)

Catatan menarik Sky Sport juga memberikan laporan dimana Elizabeth II menonton pertandingan pertama secara langsung pada gelaran final Piala FA 1953 antara Blackpoolvs Bolton, selain itu ketika Elizabeth II masih berstatus Putri Kerajaan, ia kerap kali menyaksikan secara langsung saat Chelsea bertanding.

Pemilik nama lahir Elizabeth Alexandra Mary ini meskipun disebut sering menyaksikan Chelsea bertanding, namun klub favorit Ratu Elizabeth II ini masih menjadi misteri hingga saat ini, serta tidak adanya keterbukaan dari ratu sendiri perihal klub favoritnya.

The Mirror paham tahun 2009 menyebutkan Ratu Elizabeth II merupakan penggemar West Ham United, tetapi laporan lain juga mengklaim lain setelah berhasil mewawancarai anggota kerajaan Inggris yang menyebut klub kesukaan sang ratu adalah Millwall F.C. membuat hingga saat ini menjadi kian tidak pasti klub apa yang sebenarnya disukai oleh Sang Ratu.

Selain itu, Ratu Elizabeth II juga tercatat sebagai Penguasa Britania Raya pertama yang mengundang klub sepak bola ke Istana Buckingham, saat itu Sang Ratu mengundang The Gunners untuk jamuan makan bersama di kediaman sang ratu. Undangan tersebut dibuat sebagai ucapan permohonan mohon maaf sang ratu karena tidak bisa menghadiri acara pembukaan Emirates Stadium selaku markas Arsenal.

Baca juga:  Mahasiswa Brawijaya Malang Demo Tuntut Kejelasan Mekanisme Penurunan UKT

Mahasiswa, Mahasiswa UM, Mahasiswa Malang, Mahasiswa Indonesia, Kota Malang, Terasikip.
MalangUM.

Ali Bisri
Pelaksana Harian Terasikip.com